Kompas.com - 25/01/2013, 12:31 WIB
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com — Sepanjang 2012, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memulangkan 1.928 warga negara Indonesia (WNI) dari Suriah yang dilanda konflik. Angka itu disampaikan Direktur Informasi dan Media Kemlu PLE Priatna dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (25/1/2013).

Dari jumlah total warga yang telah dipulangkan, 42 orang adalah anggota keluarga KBRI serta 80 pelajar dan mahasiswa. Sisanya, 1.806 orang, merupakan WNI yang berprofesi sebagai TKI. WNI yang diterbangkan ke Tanah Air dengan fasilitas bantuan Pemerintah RI hingga 31 Desember 2012 tercatat sebanyak 1.582 orang.

KBRI di Damaskus juga membantu penanganan 2.540 kasus yang diadukan WNI, termasuk 225 kasus gaji. Dari 2.540 kasus itu, 82 persen diselesaikan. Sisanya masih dalam proses, seperti kasus izin tinggal sejumlah pekerja rumah tangga (PRT) serta sisa gaji.

Penyelesaian kasus-kasus itu terkendala situasi Suriah yang belum kondusif. Pihak KBRI kesulitan karena sejumlah majikan para PRT berada di daerah konflik atau telah melarikan diri ke luar negeri.

Duta Besar Indonesia untuk Suriah Wahib Abdul Jawad, sebagaimana dikutip siaran pers itu, mengatakan, "Sejak krisis Suriah berlangsung, jumlah kasus PRT yang ditangani KBRI Damaskus meningkat, terutama tahun 2012 dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan adanya beberapa kasus PRT di Suriah yang belum selesai dikarenakan adanya kendala terkait birokrasi setempat dan kondisi Suriah yang belum kondusif."

Sejauh ini, KBRI bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di Suriah dan menyewa dua pengacara lokal sejak Juli 2012 guna menangani serta menyelesaikan masalah-masalah para PRT.

Sejak krisis Suriah pecah 22 bulan lalu, KBRI Damaskus menyiapkan tiga selter bagi WNI. Selter itu tersebar di Provinsi Damaskus, Lattakia, dan Aleppo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X