Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Minta Inggris Lakukan Penghematan

Kompas.com - 24/01/2013, 21:42 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

LONDON, KOMPAS.com- Dana Moneter Internasional atau IMF meminta kepada Inggris untuk menempuh langkah-langkah penghematan dengan cara memangkas belanja dan menaikkan pajak. Jika langkah tersebut tidak dilakukan, negara tersebut berisiko jatuh ke dalam krisis kembali pada tahun ini.

Hal itu disampaikan kepala ekonom IMF, Oliver Blanchard, seperti dikutif AFP, Kamis (24/1/2013).

Menurut dia, jatuh tempo pembayaran utang pada bulan Maret mendatang menjadi saat tepat untuk melakukan langkah-langkah penghematan. Pada kuartal IV 2012, ekonomi Inggris sempat mengalami kontraksi yang menjadi tekanan baru bagi Perdana Menteri David Cameron.

IMF memproyeksikan produk domestik bruto (PDB) global tumbuh sebesar 3,5 persen tahun ini. Proyeksi tersebut lebih rendah dibandingkan proyeksi sebelumnya, yang dirilis di bulan Oktober 2012 yakni sebesar 3,6 persen. IMF juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2014 akan tembus level 4,1 persen.

Pertumbuhan ekonomi Inggris sepanjang tahun ini diperkirakan hanya tumbuh sekitar 1 persen, lebih rendah dari proyeksi sebelumnya yakni 1,1 persen. Tahun 2014 ekonomi Inggris dipr oyeksi tumbuh 1,9 persen atau lebih kecil dari proyeksi sebelumnya sebesar 2,2 persen.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com