Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Islam Mali Alami Perpecahan

Kompas.com - 24/01/2013, 18:42 WIB

BAMAKO, KOMPAS.com - Kelompok pemberontak Islam Ansar Dine, yang menguasai wilayah padang pasisr luar di sebelah utara Mali, mengalami perpecahan dan faksi yang membelot, Kamis (24/1/2013) menyatakan siap untuk menggelar pembicaraan damai.

"Kami menolak semua bentuk ekstremisme dan terorisme dan kami berkomitmen untuk melawan mereka," demikian pernyataan kelompok Gerakan Islam untuk Azawad yang baru dibentuk sembari menambahkan bahwa kelompok ini menginginkan solusi damai di Mali.

Dalam pernyataan ini menyebut kelompok baru ini seluruhnya beranggotakan warga negara Mali.

"Kami menyerukan kepada pemerintah Mali dan Perancis untuk menghentikan pertempuran di zona yang kami kuasai di timur laut Kidal dan Menaka untuk menciptakan situasi perdamaian yang akan memuluskan jalan menuju sebuah pembicaraan inklusif," lanjut pernyataan itu.

Kelompok baru ini dipimpin Alghabasse Ag Intalla, seorang keturunan dari kelurga Tuareg terpandang dari Kidal. Alghabasse juga mantan perunding dari sayap moderat kelompok ini.

Selama berbulan-bulan, para perunding dari Aljazair dan negara-negara Afrika Barat mencoba membuat Ansar Dine memutuskan hubungan dengan Al-Qaeda Kawasan Maghribu (AQIM) dan gerakan jihad Afrika Barat (MUJAO).

Sementara itu, gelombang pertama dari 6.000 pasukan Afrika yang akan membantu pasukan Perancis sudah menuju ke wilayah utara Mali . Saat ini sekitar 1.000 pasukan Afrika sudah berada di Bamako, sumber dari Kementerian Pertahanan Mali mengatakan sebanyak 160 prajurit Burkina Faso sudah diberangkatkan menuju ke garis depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com