Kompas.com - 24/01/2013, 13:10 WIB
EditorKistyarini

Korea Utara mengatakan akan melaksanakan uji coba nuklir yang ketiga kalinya.

Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan oleh kantor berita KCNA, badan militer tinggi negara itu mengatakan akan melaksanakan uji coba nuklir tingkat tinggi dan peluncuran roket jarak jauh akan menyasar AS.

Langkah itu diambil dua hari setelah resolusi Dewan Keamanan PBB mengecam keras peluncuran roket Korea Utara baru-baru ini.

Pernyataan tersebut tidak memberikan kerangka waktu untuk uji coba. Korea Utara telah melaksanakan dua uji coba nuklir, yaitu pada 2006 dan 2009.

"Kami tidak menutupi fakta bahwa satelit dan roket jarak jauh yang akan kami tembakkan dan uji coba nuklir tingkat tinggi akan kami laksanakan menyasar Amerika Serikat," kata pernyataan itu.

Negara-negara tetangga dan AS mendesak Korea Utara agar membatalkan rencana itu.

"Kami berharap mereka tidak melakukannya. Kami menyerukan pada mereka agar tidak melakukannya. Hal itu akan menjadi kesalahan dan peluang yang terlewat jika mereka melakukannya," kata Glyn Davies, utusan khusus AS untuk kebijakan Korea Utara, yang baru-baru ini mengunjungi Seoul.

"Ini bukan momen untuk meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea."

Jika uji coba ini jadi dilaksanakan, ini adalah yang pertama di bawah kepemimpinan Kim Jong-un, yang berkuasa sejak kematian ayahnya, Kim Jong-il, pada Desember 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.