Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Politisi Pakistan Tewas Ditembak

Kompas.com - 23/01/2013, 16:29 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Mian Taimur, seorang politisi Pakistan tewas ditembak di Karachi, Rabu (23/1/2013), yang merupakan pembunuhan politisi kedua dalam sepekan terakhir.

Situasi ini menimbulkan ketakutan bahwa aksi kekerasan akan membayangi pemilihan umum yang dijadwalkan berlangsung hari ini.

Mian Taimur adalah pemimpin Liga Muslim-N Pakistan di Provinsi Sindh. Partai ini adalah kelompok oposisi utama Pakistan yang didirikan mantan perdana menteri, Nawaz Sharif.

"Mian Taimur dan ayahnya tewas ketika sejumlah pria bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembaki kendaraan keduanya," kata juru bicara kepolisian Karachi, Imran Shaukat.

Selain penembakan Taimur dan ayahnya, kepolisian menambahkan sembilan orang lain tewas ditembak di berbagai lokasi di Karachi dalam 24 jam terakhir.

Polisi masih menyelidiki kasus ini dan mencari dalam dibalik insiden berdarah tersebut.

Sebelumnya pada Kamis (17/1/2013), seorang anggota parlemen provonsi dari Gerakan Muttahida Qaumi, Manzar Imam, juga tewas dibunuh di Karachi. Gerakan Muttahida Qaumi merupakan rekan koalisi pemerintah.

Karachi, kota terbesar di Pakistan berpenduduk 18 juta jiwa itu, mengalami tahun paling berdarahnya tahun lalu ketika lebih dari 2.000 orang tewas akibat kekerasan yang terkait masalah etnis dan politik.

Pemilihan umum Pakistan dijadwalkan berlangsung pertengahan Mei mendatang. Pemilu ini akan menandai transisi demokratis antara dua pemerintahan sipil pertama sepanjang sejarah Pakistan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com