Kompas.com - 23/01/2013, 16:29 WIB
EditorErvan Hardoko

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Mian Taimur, seorang politisi Pakistan tewas ditembak di Karachi, Rabu (23/1/2013), yang merupakan pembunuhan politisi kedua dalam sepekan terakhir.

Situasi ini menimbulkan ketakutan bahwa aksi kekerasan akan membayangi pemilihan umum yang dijadwalkan berlangsung hari ini.

Mian Taimur adalah pemimpin Liga Muslim-N Pakistan di Provinsi Sindh. Partai ini adalah kelompok oposisi utama Pakistan yang didirikan mantan perdana menteri, Nawaz Sharif.

"Mian Taimur dan ayahnya tewas ketika sejumlah pria bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembaki kendaraan keduanya," kata juru bicara kepolisian Karachi, Imran Shaukat.

Selain penembakan Taimur dan ayahnya, kepolisian menambahkan sembilan orang lain tewas ditembak di berbagai lokasi di Karachi dalam 24 jam terakhir.

Polisi masih menyelidiki kasus ini dan mencari dalam dibalik insiden berdarah tersebut.

Sebelumnya pada Kamis (17/1/2013), seorang anggota parlemen provonsi dari Gerakan Muttahida Qaumi, Manzar Imam, juga tewas dibunuh di Karachi. Gerakan Muttahida Qaumi merupakan rekan koalisi pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karachi, kota terbesar di Pakistan berpenduduk 18 juta jiwa itu, mengalami tahun paling berdarahnya tahun lalu ketika lebih dari 2.000 orang tewas akibat kekerasan yang terkait masalah etnis dan politik.

Pemilihan umum Pakistan dijadwalkan berlangsung pertengahan Mei mendatang. Pemilu ini akan menandai transisi demokratis antara dua pemerintahan sipil pertama sepanjang sejarah Pakistan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.