Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 5.000 Tentara Inggris Diberhentikan

Kompas.com - 23/01/2013, 07:45 WIB

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan akan memberhentikan 5.300 personel tentara sebagai bagian dari kelanjutan pemotongan anggaran.

Inilah pemutusan hubungan kerja (PHK) tahap ketiga di militer Inggris. Pemutusan hubungan kerja pada akhirnya nanti akan menjadikan jumlah personel reguler Angkatan Darat dari sekitar 102.000 orang menjadi 82.000 personel.

"Hari ini Angkatan Darat mengumumkan bidang-bidang yang akan terkena dampak pemutusan hubungan kerja dalam program pemotongan gelombang ketiga; ini meliputi 5.300 personel tentara," kata pejabat Kementerian Pertahanan Mark Francois, Selasa (22/1/2012).

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan tentara yang sedang bertugas di Afganistan atau mereka yang akan dikirim ke negara itu tidak akan terkena dampak pemotongan.

Lebih lanjut disebutkan pemutusan hubungan kerja tahap ketiga tidak akan memengaruhi operasi militer Inggris di medan perang saat ini.

"Program pengurangan tidak akan berdampak buruk bagi operasi di Afganistan," tambah Mark Francois.

Tentara cadangan

Inggris menempatkan sekitar 9.000 tentara di Afganistan menjelang penarikan pasukan pada tahun 2014. Seorang tentara yang tidak mau namanya disebut mengatakan pemutusan hubungan kerja membuat semangat di kalangan tentara rendah.

"Kita menerima kenyataan pemerintah harus menghemat uang, tetapi apakah harus mempertaruhkan keamanan negara?"

Pemerintah koalisi pimpinan Konservatif mengumumkan jumlah tentara cadangan akan dilipatgandakan menjadi 30.000 orang sebelum tahun 2018 untuk membantu mengurangi kekurangan personel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com