Kompas.com - 23/01/2013, 07:45 WIB
EditorEgidius Patnistik

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan akan memberhentikan 5.300 personel tentara sebagai bagian dari kelanjutan pemotongan anggaran.

Inilah pemutusan hubungan kerja (PHK) tahap ketiga di militer Inggris. Pemutusan hubungan kerja pada akhirnya nanti akan menjadikan jumlah personel reguler Angkatan Darat dari sekitar 102.000 orang menjadi 82.000 personel.

"Hari ini Angkatan Darat mengumumkan bidang-bidang yang akan terkena dampak pemutusan hubungan kerja dalam program pemotongan gelombang ketiga; ini meliputi 5.300 personel tentara," kata pejabat Kementerian Pertahanan Mark Francois, Selasa (22/1/2012).

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan tentara yang sedang bertugas di Afganistan atau mereka yang akan dikirim ke negara itu tidak akan terkena dampak pemotongan.

Lebih lanjut disebutkan pemutusan hubungan kerja tahap ketiga tidak akan memengaruhi operasi militer Inggris di medan perang saat ini.

"Program pengurangan tidak akan berdampak buruk bagi operasi di Afganistan," tambah Mark Francois.

Tentara cadangan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inggris menempatkan sekitar 9.000 tentara di Afganistan menjelang penarikan pasukan pada tahun 2014. Seorang tentara yang tidak mau namanya disebut mengatakan pemutusan hubungan kerja membuat semangat di kalangan tentara rendah.

"Kita menerima kenyataan pemerintah harus menghemat uang, tetapi apakah harus mempertaruhkan keamanan negara?"

Pemerintah koalisi pimpinan Konservatif mengumumkan jumlah tentara cadangan akan dilipatgandakan menjadi 30.000 orang sebelum tahun 2018 untuk membantu mengurangi kekurangan personel.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.