Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Perancis dan Mali Masuk Kota Diabaly

Kompas.com - 21/01/2013, 17:04 WIB

BAMAKO, KOMPAS.com - Pasukan Perancis dan Mali, Senin (21/1/2013), mulai memasuki kota Diabaly yang menjadi sasaran serangan udara dan pertempuran sejak dikuasai pasukan pemberontak Islam sepekan lalu.

Konvoi sekitar 30 kendaraan lapis baja yang membawa 200 tentara Perancis dan Mali masuk ke Diabaly pukul 9.00 GMT atau pukul 16.00 WIB tanpa mendapatkan perlawanan berarti.

Sebelum pasukan darat kedua negara ini memasuki Diabaly, militer Perancis terus melakukan serangan udara dengan menggunakan jet dan helikopter tempur.

Pasukan Perancis mengatakan enam serangan udara dalam 24 jam terakhir itu mengincar kendaraan bersenjata milik pemberontak. Pasukan Perancis mengklaim operasi militer menghadapi militan Mali mendapatkan kemajuan yang cukup berarti.

Selain menyerang Diabaly, pasukan Perancis juga disebar ke berbagai kota di wilayah utara seperti Markala, Niono dan Mopti. Demikian juru bicara militer Perancis Kolonel Thierry Burkhard.

Perancis memulai ofensif milternya di Mali pada 11 Januari dan mengatakan seharusnya negara Afrika yang menjadi pemimpin operasi ini.

Sementara itu sebanyak 400 prajurit dari Nigeria, Togo dan Benin pada Minggu (20/1/2013) sudah tiba di Bamako sebagai bagian dari pasukan multi-nasional Afrika untuk membantu Mali. Selain itu, pasukan Mali -yang terbiasa dengan medan tempur gurun pasir- juga sudah tiba di Bamako.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com