Kompas.com - 21/01/2013, 17:04 WIB
EditorErvan Hardoko

BAMAKO, KOMPAS.com - Pasukan Perancis dan Mali, Senin (21/1/2013), mulai memasuki kota Diabaly yang menjadi sasaran serangan udara dan pertempuran sejak dikuasai pasukan pemberontak Islam sepekan lalu.

Konvoi sekitar 30 kendaraan lapis baja yang membawa 200 tentara Perancis dan Mali masuk ke Diabaly pukul 9.00 GMT atau pukul 16.00 WIB tanpa mendapatkan perlawanan berarti.

Sebelum pasukan darat kedua negara ini memasuki Diabaly, militer Perancis terus melakukan serangan udara dengan menggunakan jet dan helikopter tempur.

Pasukan Perancis mengatakan enam serangan udara dalam 24 jam terakhir itu mengincar kendaraan bersenjata milik pemberontak. Pasukan Perancis mengklaim operasi militer menghadapi militan Mali mendapatkan kemajuan yang cukup berarti.

Selain menyerang Diabaly, pasukan Perancis juga disebar ke berbagai kota di wilayah utara seperti Markala, Niono dan Mopti. Demikian juru bicara militer Perancis Kolonel Thierry Burkhard.

Perancis memulai ofensif milternya di Mali pada 11 Januari dan mengatakan seharusnya negara Afrika yang menjadi pemimpin operasi ini.

Sementara itu sebanyak 400 prajurit dari Nigeria, Togo dan Benin pada Minggu (20/1/2013) sudah tiba di Bamako sebagai bagian dari pasukan multi-nasional Afrika untuk membantu Mali. Selain itu, pasukan Mali -yang terbiasa dengan medan tempur gurun pasir- juga sudah tiba di Bamako.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.