Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Sasar Kantor Polisi Lalu Lintas

Kompas.com - 21/01/2013, 14:00 WIB

Aksi serangan bom bunuh diri dilaporkan menyasar kantor polisi lalu lintas yang terletak di bagian barat kota Kabul, Afganistan.

Petugas mengatakan bom mobil yang disiapkan oleh pelaku serangan diledakan di luar kantor menjelang subuh dan melukai sejumlah orang serta polisi yang bertugas di sana.

Sesaat setelah ledakan tersebut sejumlah pelaku bom bunuh diri dan pelaku bersenjata menyerang gedung tersebut dan saat ini pertempuran dengan kelompok penyerang masih berlangsung.

Kelompok Taliban yang sering melakukan serangan serupa di Kabul belakangan ini telah menyatakan bertanggung jawab terhadap serangan yang terjadi di kantor polisi lalu lintas hari Senin (21/01). Klaim mereka ini telah disampaikan lewat pesan pendek yang dikirimkan ke sejumlah organisasi media.

Pada pekan lalu kelompok Taliban juga melakukan serangan ke pusat kota Kabul menyasar kantor Direktorat Keamanan Nasional dan menewaskan empat penjaga yang bertugas untuk kantor intelijen Afghanistan tersebut.

Wartawan BBC di Kabul, Bilal Sarwary yang mengutip keterangan dari polisi setempat mengatakan dalam serangan yang terjadi hari ini setidaknya ada satu anggota kelompok Taliban yang tewas dalam aksi bom bunuh diri yang diledakan di luar gerdung.

Kesiapan Pasukan

Sedangkan pelaku penyerangan kedua berhasil ditembak oleh petugas namun dua pelaku penyerangan lainnya telah menerobos masuk ke dalam gedung bertingkat empat tersebut.

Kepala Kepolisian Kabul, Jenderal Ayoub Salangi kepada BBC mengatakan Pasukan Khusus Afghanistan yang dibantu tentara asing saat ini tengah berupaya untuk mengamankan kantor polisi lalintas tersebut.

Warga lokal mengatakan dua ledakan besar telah menghancurkan kaca-kaca di gedung sekitar lokasi penyerangan tersebut dan kemudian diikuti dengan serangan senjata secara sporadis dan berlanjut.

Wartawan BBC, Bilal Sarwary mengatakan letak lokasi kantor polisi lalu lintas yang dekat dengan sejumlah gedung penting lainnya seperti kantor polisi dan parlemen diduga menjadi alasan kenapa Taliban menjadikannya sebagai target serangan.

Aksi Kelompok militan yang terus melakukan serangan di Afghanistan memunculkan pertanyaan terhadap bagaimana nantinya kesiapan pasukan keamanan negara itu dalam mengatasi serangan Taliban setelah ditinggal oleh pasukan internasional pada tahun 2014 mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com