Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Sandera di Aljazair Belum Berakhir

Kompas.com - 19/01/2013, 08:09 WIB

ALGIERS, KOMPAS.com - Krisis penyanderaan puluhan warga asing di Aljazair belum juga berakhir. Meskipun pasukan Aljazair telah melakukan operasi militer untuk membebaskan para sandera, yang ditawan kelompok militan sayap Al Qaeda itu, nasib para korban tersebut belum bisa dipastikan.

Hingga Jumat (18/1/2013), pernyataan berbeda-beda yang disampaikan pihak terkait telah mengacaukan pemahaman terhadap peristiwa dan membuat berang para pemimpin Barat.

Pemerintah Aljazair mengatakan, serangan terhadap militan telah berakhir. Namun, Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan, ”Insiden teroris masih berlangsung.” Tidak ada rincian lebih lanjut atas pernyataan-pernyataan itu.

Menteri Dalam Negeri Perancis Manuel Valls mengatakan, situasi masih tetap keruh dan tak pasti.

Para pejabat Aljazair sebelumnya mengatakan, enam sandera dan delapan milisi penyandera tewas dalam serangan hari Kamis. Sumber lain menyebutkan, 25 sandera melarikan diri dan 4 lainnya telah dibebaskan.

Kantor berita Associated Press (AP) menyebutkan, enam orang tewas, termasuk warga Inggris, Filipina, dan Aljazair.

Namun, pihak penyandera mengklaim, sedikitnya 34 sandera telah tewas dalam serangan pasukan Aljazair, Kamis.

Para sandera dari Irlandia dan Norwegia dilaporkan telah melarikan diri dari In Amenas. Namun, puluhan lainnya masih belum ditemukan, yakni para sandera dari AS, Inggris, Perancis, Norwegia, Romania, Malaysia, Jepang, Aljazair, dan para milisi itu sendiri.

”Situasi yang berkembang dan banyak detail lain pun belum jelas. Namun, tanggung jawab atas peristiwa tragis dua hari terakhir ini tetap berada di tangan para teroris yang memilih menyerang para pekerja tak bersalah, membunuh beberapa orang, dan menyandera yang lain,” kata Menteri Luar Negeri Inggris William Hague.

WNI selamat

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI membenarkan bahwa ada satu warga negara Indonesia di antara para sandera. Namun, WNI bernama Andri Ansari, yang bekerja di perusahaan eksplorasi minyak BP, berhasil lolos.

Menurut juru bicara Kemlu, Michael Tene, Andri telah diterbangkan ke London, Inggris, oleh perusahaannya itu sejak Kamis dan akan dipulangkan ke Indonesia dalam waktu dekat.

Kantor berita Malaysia, Bernama, mengutip pernyataan Menlu Malaysia Datuk Seri Anifah Aman, yang membenarkan bahwa terdapat dua warga Malaysia di antara para sandera itu.

Anifah menyatakan, ia telah meminta Menlu Aljazair Mourad Medelci untuk memastikan pembebasan dan keselamatan dua warga negara Malaysia itu.

Militer Aljazair, yang memiliki banyak pengalaman memerangi kelompok garis keras, menepis tawaran bantuan asing. Hanya mereka yang melakukan operasi pembebasan para sandera dan mengendalikan informasi kepada publik, bahkan kepada para pemimpin Barat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com