Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chavez Pimpin Venezuela dengan Tanda Tangan

Kompas.com - 18/01/2013, 16:19 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez ternyata masih tetap memimpin negaranya meski didera sakit kanker. Bukti paling anyar adalah dekrit yang dipublikasikan Menteri Luar Negeri Venezuela Elias Jaua. Menurut warta AP pada Jumat (18/1/2013), Jaua membawa tanda tangan Chavez pada dekrit itu.

Menurut Jaua, dekrit itu dirilis pada Rabu lalu. "Lantaran saya menjadi menteri luar negeri, itu berarti Presiden Chavez masih berkuasa dan membuat keputusan," kata Jaua soal atasannya itu.

Lagian, imbuh Jaua, tak ada satu pun anggota pemerintahan Venezuela yang memiliki kualitas kewenangan mengangkat maupun memecat menteri.

Sementara itu, kelompok oposisi mengatakan, pemerintahan Chavez mesti mengumumkan kondisi mutakhir Presiden secara transparan. "Kami juga minta Presiden Chavez tampil ke publik andai kondisinya memang betul-betul sudah pulih," kata pemimpin oposisi, Henrique Capriles.

Oposisi pun menuntut keaslian tanda tangan Chavez dalam dekrit itu. "Tunjukkan dokumen asli dari dekrit itu," kata Capriles.

Sejak menjalani operasi keempat penyakit kankernya di Havana, Kuba, pada 11 Desember 2012, Presiden Chavez tidak pernah tampil ke hadapan umum. Presiden Cile Sebastian Pinera, kemarin, mengatakan kalau Chavez juga tak memberikan konfirmasi hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Komunitas Negara-negara Amerika Latin dan Karibia pada 26-28 Januari 2013 mendatang. KTT itu dihelat di Santiago, ibu kota Cile.

"Saya mendoakan Presiden Chavez meski juga menyayangkan ketidakhadirannya di KTT nanti," demikian ujar Sebastian Pinera.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com