Kompas.com - 18/01/2013, 16:19 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez ternyata masih tetap memimpin negaranya meski didera sakit kanker. Bukti paling anyar adalah dekrit yang dipublikasikan Menteri Luar Negeri Venezuela Elias Jaua. Menurut warta AP pada Jumat (18/1/2013), Jaua membawa tanda tangan Chavez pada dekrit itu.

Menurut Jaua, dekrit itu dirilis pada Rabu lalu. "Lantaran saya menjadi menteri luar negeri, itu berarti Presiden Chavez masih berkuasa dan membuat keputusan," kata Jaua soal atasannya itu.

Lagian, imbuh Jaua, tak ada satu pun anggota pemerintahan Venezuela yang memiliki kualitas kewenangan mengangkat maupun memecat menteri.

Sementara itu, kelompok oposisi mengatakan, pemerintahan Chavez mesti mengumumkan kondisi mutakhir Presiden secara transparan. "Kami juga minta Presiden Chavez tampil ke publik andai kondisinya memang betul-betul sudah pulih," kata pemimpin oposisi, Henrique Capriles.

Oposisi pun menuntut keaslian tanda tangan Chavez dalam dekrit itu. "Tunjukkan dokumen asli dari dekrit itu," kata Capriles.

Sejak menjalani operasi keempat penyakit kankernya di Havana, Kuba, pada 11 Desember 2012, Presiden Chavez tidak pernah tampil ke hadapan umum. Presiden Cile Sebastian Pinera, kemarin, mengatakan kalau Chavez juga tak memberikan konfirmasi hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Komunitas Negara-negara Amerika Latin dan Karibia pada 26-28 Januari 2013 mendatang. KTT itu dihelat di Santiago, ibu kota Cile.

"Saya mendoakan Presiden Chavez meski juga menyayangkan ketidakhadirannya di KTT nanti," demikian ujar Sebastian Pinera.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.