Komite Inagurasi Presiden AS Umumkan Susunan Acara Pelantikan Obama

Kompas.com - 18/01/2013, 12:09 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Drum band Angkatan Laut Amerika dilaporkan akan membuka upacara pelantikan Presiden Barack Obama untuk masa jabatan kedua hari Senin (21/1) mendatang di Gedung Capitol di Washington DC. Demikian menurut Komite Inagurasi yang mengumumkan susunan acara pelantikan hari Rabu.

Ketua Komite Upacara Inagurasi Senator Charles E Schumer mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa drum band Angkatan Laut itu akan tampil bersama PS 22 Chorus, kelompok paduan suara yang beranggotakan 65 pelajar kelas lima SD dari Staten Island, negara bagian New York serta kelompok paduan suara dari Universitas Lee di Cleveland, negara bagian Tennesee.

Acara akan dilanjutkan dengan pembacaan doa pembuka oleh Myrlie Evers-Williams, mantan ketua Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna dan janda dari aktivis HAM Medgar Evers.

Hakim Agung Sonia Sotomayor akan melakukan pengambilan sumpah jabatan Wakil Presiden Joe Biden. Sementara sumpah jabatan Presiden Obama akan dilakukan oleh Hakim Ketua John G. Roberts Jr. Dalam pengambilan sumpah hari Senin, Obama akan menggunakan dua Alkitab, yaitu Alkitab yang pernah digunakan Presiden Lincoln dalam pelantikan pertamanya, serta Alkitab yang pernah digunakan Dr Martin Luther King.

??Setelah itu Presiden akan menyampaikan pidato inagurasinya. Upacara lantas diakhiri dengan pembacaan puisi oleh penyair Richard Blanco, doa penutup oleh Pastor Louis Leon, dan dinyanyikannya lagu kebangsaan oleh artis internasional Beyonce.

Sore harinya, acara akan terpusat di sepanjang jalan Pennsylvania Avenue, Washington DC di mana Presiden, Wakil Presiden dan pasangan mereka akan berparade. Ini merupakan tradisi Amerika dalam memberi penghormatan kepada pemimpin yang baru dilantik. Parade Inagurasi Kepresidenan ini diperkirakan adalah acara yang terbanyak dihadiri.

Parade tahun ini akan menampilkan prosesi militer, warga sipil, marching band, kendaraan hias yang mewakili negara bagian asal keluarga Obama dan Biden, antara lain dan masih banyak lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu peserta parade adalah drum band Fife and Drum Corps yang mewakili Angkatan Darat Amerika. Kelompok ini ikut dalam parade inagurasi presiden Amerika dalam 50 tahun ini. Ketika ditemui di markas Fort Meyer di negara bagian Virginia, kelompok ini tampak giat berlatih menjelang perhelatan akbar yang tinggal beberapa hari lagi.

Sersan Yesenia DeJesus yang memainkan alat musik terompet mengatakan kepada VOA persiapannya cukup intensif.

“Kami harus belajar berbaris sambil memainkan alat musik, dan menghafal semuanya. Banyak marching band yang menaruh catatan di instrumen mereka, tapi kita tidak melakukannya. Semuanya kami hafal dan semuanya perlu latihan agar harmonis,” papar DeJesus.

Rangkaian acara pelantikan Presiden Obama akan diakhiri dengan pesta inagurasi atau Inauguration Balls hari Senin malam. Menurut rencana, Obama dan Michelle hanya akan menghadiri dua pesta inagurasi resmi yaitu pesta inagurasi utama dan pesta inagurasi bersama para anggota militer. Kedua pesta itu akan diadakan di Walter E. Washington Convention Center.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X