Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2013, 09:37 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda seorang pengusaha atau pemilik bisnis, Anda membutuhkan media training. Meskipun namanya media training, hal ini tidak benar-benar untuk media. Ini untuk Anda atau juru bicara bisnis Anda yang mungkin perlu berkomunikasi dengan media, seperti Anda sendiri sebagai pendiri, direktur, maupun staf PR.

Media training menjadi pengetahuan berharga yang akan mempersenjatai tim Anda dengan hal-hal penting yang dibutuhkan agar nyaman dan efektif terlibat dengan media, apakah ketika Anda meluncurkan produk baru, mengumumkan berita perusahaan, atau berurusan dengan krisis.

Apa itu “media training”?
Selama sesi media training, pelatih umumnya akan menginstruksikan perusahaan mengenai cara terbaik berinteraksi dengan media, dengan fokus pada liputan media yang positif. Sesi dapat dipecah oleh jenis media, misalnya, cetak, TV, dan online. Bisa saja Anda diajarkan cara menghadapi semua jenis media.

Siapa yang membutuhkan?
Singkatnya: siapa pun dalam bisnis Anda yang berbicara kepada media. Tergantung pada ukuran dan struktur perusahaan Anda, Anda mungkin memiliki juru bicara atau Anda sendiri sebagai pemilik. Ini juga termasuk setiap eksekutif yang mungkin perlu untuk berkomunikasi atas nama perusahaan Anda, serta senior PR, karena mereka yang berurusan dengan media pada sehari-hari. Pastikan seluruh tim masuk ke dalam sesi pelatihan yang sama (atau setidaknya dilatih oleh agen yang sama). Ini akan sangat berharga dalam memastikan strategi komunikasi perusahaan yang konsisten.

Kapan harus dimulai?
Jawabannya: segera. Jika Anda sudah memiliki pelatihan dasar media, itu akan  membantu mempersiapkan dalam iri dan perusahaan untuk wawancara dengan media besar. Termasuk mempersiapkan acara launching dan promo usaha yang sukses.

Apa yang diharapkan dari sebuah "training"?
Sementara sesi pelatihan akan bervariasi tergantung pada instruktur dan kebutuhan Anda, berikut adalah beberapa elemen dasar yang dapat Anda harapkan dapat dipelajari dalam kursus:

Tip menjawab pertanyaan sulit:  Setiap wawancara dengan media setidaknya akan ada setidaknya satu pertanyaan yang sulit dan tidak terduga. Pertanyaan tersebut mungkin saja tidak bisa atau tidak ingin Anda jawab. Sebagian besar dari sesi pelatihan media akan fokus membantu Anda menavigasi jenis situasi seperti ini dengan baik di dunia nyata. Ada tips mengenai cara-cara mudah untuk transisi wawancara dengan topik yang ingin dibicarakan.

Latihan internal: Kebanyakan sesi pelatihan akan berjalan selama setengah hari bahkan satu hari penuh. Pelatihan akan memberi Anda pemahaman yang komprehensif tentang cara terbaik untuk berinteraksi dengan media. Tapi, untuk  membuatnya sempurna perlu banyak latihan. Setelah sesi pelatihan berakhir bikin jadwal pertemuan internal untuk terus berlatih, dan mendorong juru bicara masing-masing untuk meninjau kembali pembelajaran individual.

Setelah membaca artikel ini, mungkin Anda berpikir hal ini bisa dipelajari sendiri dalam tim Anda. Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Jangan menunggu hingga Anda mengalami wawancara buruk dengan media sebelum memulai pelatihan. Sebaiknya pelatihan dimulai sebelum Anda berhadapan dengan media, agar usaha Anda memiliki strategi komunikasi yang tepat sasaran untuk bisnis Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com