Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Sampaikan Rencana Pengendalian Penggunaan Senjata

Kompas.com - 17/01/2013, 14:24 WIB

Presiden AS, Barrack Obama menyampaikan kepada publik tentang rencana aturan pengendalian penggunaan senjata di negara itu hari Rabu (16/01) malam waktu setempat di Gedung Putih.

Rencana ini dinilai merupakan langkah paling ketat dalam mengurangi penggunaan serta peredaran senjata yang peranh dimunculkan dan diperkirakan akan mendapatkan tentangan dari kelompok yang mendukung hak penggunaan senjata.

Dalam proposal rencananya tersebut, Obama menyerukan pelarangan penggunaan senapan dan penggunaan magazines dengan kapasitas peluru yang besar.

Selain itu dia juga mengusulkan adanya pemeriksaan lebih dalam tentang latar belakang calon pembeli senjata .

Obama saat ini juga telah menandatangani 23 aturan kebijakan tentang pengendalian senjata yang tidak membutuhkan persetujuan kongres.

Langkah keras Obama terkait kontrol penggunaan senjata ini muncul sebulan setelah kasus penembakan yang menewaskan 20 anak sekolah dasar di Connecticut.

Mendapat Tentangan

Obama sebelumnya telah mengatakan bahwa reformasi terhadap pengendalian kepemilikan senjata sudah tidak bisa menunggu waktu lebih lama lagi.

"Jika ada satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kekerasan, jika ada satu hal saja yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan satu nyawa sekalipun maka kita kita punya kewajiban untuk mencobanya," kata Obama tentang upayanya untuk mengontrol penggunaan senjata di AS.

Namun langkah Obama ini mendapatkan sejumlah perlawanan khususnya dari kelompok lobi yang memperjuangkan penggunaan senjata di AS, Asosiasi Senjata Nasional, NRA.

Dalam pernyataannya mereka mengatakan bahwa rencana peraturan yang disampaikan oleh Obama "bukanlah solusi dalam mengatasi krisi yang kita hadapi sebagai sebuah bangsa."

"Hanya kejujuran saja, juga kepatuhan pemilik senjata terhadap hukum akan berpengaruh dan anak-anak kita tetap dalam bahaya terhadap tragedi lainnya," bunyi pernyataan NRA.

Obama saat ini juga mendesak agar kongres bersedia menyetujui usulannya dalam mengatur penggunaan senjata di AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com