Kompas.com - 17/01/2013, 13:59 WIB
EditorEgidius Patnistik

ROMA, KOMPAS.com - Seekor anjing bersedih dan sangat kehilangan tuannya yang telah  meninggal dunia dua bulan lalu. Anjing bernama Tommy itu rutin menghadiri misa di sebuah gereja di Italia. Di gereja itulah tuanya, seorang perempuan, disemayamkan sebelum dikuburkan. Tampaknya Tommy menunggu kepulangan tuannya di situ.

Tommy yang setia itu merupakan anjing Gembala Jerman dan berusia tujuh tahun. Anjing itu milik Maria Margherita Lochi, 57 tahun, dan telah menjadi teman setia perempuan tersebut setelah Tommy diadopsi. Maria menemukan Tommy ditelantarkan di ladang dekat rumahnya.

Maria mengadopsi beberapa binatang terlantar yang ia temukan tetapi teman-temannya mengatakan, perempuan itu membangun sebuah hubungan yang sangat dekat dengan Tommy. Ia biasa berjalan kaki setiap hari dari rumahnya ke gereja bersama anjing itu.

Pastor di gereja itu mengizinkan Tommy duduk dengan sabar di dekat kaki tuannya di dalam gereja. Setelah kematian Maria di San Donaci dekat Brindisi, misa khusus untuk orang meninggal digelar dan Tommy bergabung dengan para pelayat. Sejak itu Tommy hadir secara rutin di gereja itu dan tiba tepat waktu saat lonceng berbunyi untuk menandai misa dimulai.
 
Pastor Donato Panna, sebagaimana dikutip Mail Online, Rabu (16/1), mengatakan, "Anjing itu berada di sana setiap kali saya merayakan misa dan selalu berperilaku baik. Anjing tersebut tidak berisik. Saya tidak mendengar sekali pun anjing itu mengonggong sepanjang berada di dalam (gereja). Anjing itu dulu biasa datang misa bersama Maria dan anjing itu jelas berbakti padanya. Saya membolehkannya tinggal di dalam (gereja) karena anjing itu selalu berperilaku sangat baik dan tidak ada umat lain yang mengeluh kepada saya. Anjing itu masih datang misa bahkan setelah pemakaman Maria, anjing tersebut menunggu dengan sabar di sisi altar dan hanya duduk tenang di sana. Saya tidak tega mengusirnya. Saya baru saja kehilangan anjing saya sendiri sehingga saya membiarkannya di sana sampai selesai misa dan kemudian saya mengarahkannya keluar."

"Sekarang Tommy sudah diadopsi oleh semua orang di desa dan anjing itu menjadi teman semua orang. Semua orang memperhatikan anjing itu dan memberi makanan untuknya, meskipun akan bagus baginya jika menemukan sebuah rumah yang tepat."

Kisah Tommy mirip dengan film Hollywood tahun 2009 yang berjudul Hachi yang dibintangi Richard Gere. Film itu menceritakan bagaimana anjing jenis Akita yang setia menunggu dengan sabar tuannya yang telah meninggal hingga anjing itu juga kemudian mati.

Film tersebut berdasarkan kisah nyata tentang seekor anjing Akita Jepang yang dipanggil Hachiko, yang pemiliknya meninggal tahun 1925. Namun selama sembilan tahun berikutnya Hachiko menunggu dengan sabar tuannya itu di sebuah stasiun kereta api di mana mereka biasanya secara rutin naik kereta api.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.