Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak di Amerika Minta UU Senjata Dirombak

Kompas.com - 16/01/2013, 23:29 WIB
Pieter P Gero

Penulis

 

WASHINGTON, KOMPAS.com- Aksi kekerasan senjata yang menimpa sejumlah guru dan siswa sekolah di Amerika Serikat, mendorong sejumlah anak-anak di negara itu mengirim surat kepada Presiden Barack Obama. Mereka meminta agar UU Senjata dirombak.

Surat pertama dibuat seorang bocah berusia 8 tahun hanya tiga hari setelah peristiwa pembantaian yang menewaskan enam guru dan 20 siswa di sebuah sekolah di Newtown, Conneticut.

Kantor berita AP melaporkan hari Rabu (16/1/2013), Grant yang berusia 8 tahun dari Marryland menulis surat kepada Obama. Surat bertanggal 17 Desember atau tiga hari setelah hari pembantaian meminta Obama agar membatasi peredaran senjata.

"Ini negara bebas tapi saya menganjurkan perlunya sebuah pembatasan senjata," tulis Grant. "Mohon jangan membiarkan orang menggunakan senjata mesin mereka atau senjata dengan daya hebat seperti ini," ujar Grant.

Pihak Gedung Putih menuturkan, beberapa hari setelah aksi pembantaian, sejumlah anak-anak dari seluruh AS menulis perasaan mereka menyangkut aksi pembantaian tadi dan mengirimkannya ke Gedung Putih.

"Saya menulis untuk meminta Anda menghentikan kekerasan senjata," tulis Tajeah berusia 10 tahun dari Georgia dalam suratnya kepada Obama.

"Saya sangat sedih memikirkan anak-anak yang kehilangan nyawanya. Karenanya, saya menulis surat kepada Anda untuk menghentikan kekerasan bersenjata," ujar Tajeah.

Hari Rabu, saat Obama mengumumkan usulan untuk pengurangan kekerasan senjata, dia didampingi Grant, Tajeah dan sejumlah anak-anak lainnya yang mengungkapkan perasaan mereka menyangkut kekerasan bersenjata dan perlunya peningkatan keamanan dan keselamatan di sekolah.

Ada tiga surat dari anak-anak yang prihatin dengan aksi kekerasan bersenjata yang terjadi disejumlah sekolah di AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com