Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Evaluasi Keamanan Boeing 787

Kompas.com - 16/01/2013, 19:35 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Pemerintah India , Rabu (16/1/2013), mengatakan segera melakukan pemeriksaan keselamatan Boeing 787 Dreamliner yang dibeli maskapai Air India setelah dua maskapai besar Jepang memutuskan untuk mengistirahatkan pesawat baru itu akibat rangkaian insiden dalam sepekan terakhir ini.

"Kami akan mengevaluasi situasi ini dengan berkonsultasi bersama pihak Boeing dan Air India," kata Direktur Jenderal Penerbangan Sipil India Arun Mishra.

Namun, lanjut Mishra, sejauh ini belum ada rencana mengistirahatkan Dreamliner di India seperti yang sudah dilakukan Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA).

"Saya terus berhubungan dengan Boeing dan mereka akan memberikan terus perkembangan terbaru terkait sejumlah masalah yang terjadi di Jepang," ujar Mishra.

Sementara itu, juru bicara Air India, K Swaminathan, mengatakan, maskapai itu akan menunggu perkembangan dan hasil dari evaluasi sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

Air India membeli 27 unit Dreamliner sebagai bagian proyek jutaan dollar AS pada 2005. Boeing sudah mengirim pesawat pertama pada September 2012 dan sisanya diharapkan bisa diterima India pada 2016.

Pesawat baru ini diharapkan menjadi tulang punggung operasi global Air India yang selama ini merugi. Selain itu, dengan pembelian pesawat baru ini, diharapkan mampu menarik pelanggan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com