Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengebom Bunuh Diri Serang Markas Intelijen

Kompas.com - 16/01/2013, 16:08 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Sebuah serangan bom bunuh diri di Kabul, Afganistan, Rabu (16/1/2013), mengincar markas besar Direktorat Keamanan Nasional (NDS) alias badan intelijen Afganistan.

"Serangan itu terjadi di pintu gerbang. Selain itu juga terjadi serentetan tembakan," kata seorang pejabat NDS kepada AFP.

"Kami belum tahu berapa orang yang terlibat dalam serangan in," kata pejabat yang tak ingin disebutkan namanya.

"Ini adalah fasilitas negara yang sangat besar dan sangat sensitif dengan sistem keamanan  yang tinggi," katanya mengungkapkan kekecewaannya karena penyerang bisa menerobos sistem keamanan di NDS.

Kawasan tempat markas NDS berdekatan dengan kediaaman kepala kepolisian Afganistan dan menteri dalam negeri. Ledakan bom itu terdengar di seluruh kawasan diplomatik Wazir Akbar Khan.

NDS memainkan peranan penting dalam perang melawan Taliban, yang kemudian terus mencoba menggulingkan pemerintah Afganistan setelah digulingkan pasukan Amerika Serikat pada 2001.

Sejumlah serangan yang mengincar para petinggi NDS kerap terjadi. Pada 6 Desember 2012, Direktur NDS Asadullah Khalid, yang baru enam bulan menjabat, nyaris terbunuh.

Saat itu, pengebom bunuh diri yang menyamar sebagai utusan perdamaian Taliban berhasil masuk ke kediaman sang direktur. Beruntung serangan bom itu hanya melukainya.

Saat ini, Asadullah Khalid masih menjalani perawatan medis di Amerika Serikat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com