Kompas.com - 15/01/2013, 17:40 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Tenaga kerja di mancanegara alias pekerja migran Filipina mencatatkan pengiriman uang yang menanjak pada akhir November 2012. Bank Sentral Filipina mengatakan pada Selasa (15/1/2013), total remitansi pada bulan tersebut mengalami kenaikan 7,6 persen di posisi 1,9 miliar dollar AS.

Sementara itu, terhitung sejak Januari hingga November 2012, total remitansi ke Filipina dari para tenaga kerja tersebut menanjak 6 persen menjadi 19,4 miliar dollar AS.

Lebih lanjut, Bank Sentral Filipina mengatakan, sampai dengan akhir 2012 akan ada total kenaikan remitansi hingga 5 persen ketimbang 2011 silam. Ïni menunjukkan kalau pasar amat meminati tenaga kerja terampil dan profesional asal Filipina," kata pernyataan bank tersebut sebagaimana warta AP pada Selasa (15/1/2013).

Kemudian, catatan juga menunjukkan kalau remitansi paling banyak berasal dari AS. Menyusul di belakang AS adalah Kanada, Arab Saudi, Inggris, Jepang, Uni Emirat Arab (UEA), dan Singapura.

Administrasi Pekerja Migran Filipina memaparkan permintaan tenaga kerja Filipina dari mancanegara sampai akhir 2012 mencapai 782.201. Dari jumlah itu, berturut-turut Arab Saudi, UEA, Kuwait, Qatar, Taiwan, dan Hongkong menjadi peminat paling serius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.