Kompas.com - 14/01/2013, 23:13 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BAMAKO, KOMPAS.com - Sejak Perancis memutuskan melakukan intervensi militer atas permintaan Presiden Mali untuk membantu memukul mundur pasukan separatis di Mali, Jumat pekan lalu, beberapa negara telah menyatakan akan turut membantu operasi itu.

Hingga Senin (14/1/2013), detail pengerahan dan komitmen pengerahan pasukan multinasional di Mali adalah sebagai berikut:

 

Perancis:

Angkatan Bersenjata Perancis menggelar operasi militer yang diberi nama sandi Operasi Serval, dengan rincian:

1. 200 prajurit dari Operasi Epervier di Chad telah diterbangkan ke Bamako, ibu kota Mali. Sebagian dari pasukan tersebut berasal dari korps Legiun Asing Perancis. Selain itu, satu kompi pasukan dari Resimen Infantri Marinir ke-2 yang bermarkas di Auvours, Perancis, juga telah diberangkatkan ke Bamako, Sabtu (12/1/2013).

2. Sejumlah helikopter tempur Gazelle dari Resimen Helikopter Pasukan Khusus ke-4 Perancis, yang dilengkapi rudal antitank HOT dan kanon 20mm. Resimen ke-4 yang bermarkas di Pau, Perancis, mengoperasikan 12 unit helikopter tempur ini.

3. Empat pesawat tempur Mirage 2000D yang berpangkalan di Chad, yang didukung dua pesawat tanker C135 untuk pengisian bahan bakar di udara. Secara keseluruhan, Perancis mengoperasikan dua pesawat pengintai Mirage F1 CR, enam Mirage 2000D, tiga pesawat tanker C135, satu pesawat angkut C130, dan satu pesawat angkut Transall C160 ditempatkan di pangkalan udara N'Djamena, Chad, selama menjalankan operasi Operasi Epervier di Chad sejak 1986.

4. Empat pesawat tempur Rafale dikerahkan dari pangkalan mereka di Saint-Dizier, Perancis, ke Mali, hari Minggu (13/1/2013). Empat Rafale itu kini juga ditempatkan di N'Djamena, Chad.

 

Inggris:

1.  Inggris mengirim dua pesawat angkut berat C-17 untuk mengangkut pasukan dan peralatan militer ke Mali. Satu C-17 dilaporkan sudah berada di Perancis, sementara satu lagi siap diberangkatkan dari pangkalan udara RAF Brize-Norton di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.