Halimah Yacob, Wanita Muslim Pertama Jadi Ketua DPR Singapura

Kompas.com - 14/01/2013, 23:09 WIB
|
EditorFarid Assifa

SINGAPURA, KOMPAS.com -- Kekosongan kursi Ketua DPR Singapura sejak bulan lalu diisi Senin (14/1/2013) siang ini. Adalah Halimah Yacob, sosok wanita yang mengukir namanya di sejarah politik Singapura. Politisi senior berumur 58 ini menjadi wanita muslim pertama yang menduduki kursi Ketua DPR.

Dipilih secara langsung oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Halimah secara aklamasi dipilih sesama rekannya di DPR untuk menduduki jabatan bergengsi itu. Selain sebagai yang pertama, Halimah juga menjadi politisi wanita muslim dengan jabatan tertinggi di negeri yang 75 persen penduduknya itu dihuni etnis China itu.

Dalam pernyataan resmi pertamanya kepada Channel News Asia, Halimah menyampaikan bahwa dia akan menerapkan gaya kepempimpinannya sendiri. Leadership style-nya itu akan didukung pengalamannya yang sudah lama di dunia politik selama 2 dekade.

"Saya akan bekerja keras untuk memastikan diskusi di parlemen berjalan dengan baik, terkontrol, dan efisien. Juga saya akan menjalin hubungan yang baik dengan anggota DPR yang ada," jelasnya.

Terpilih kali pertama sebagai anggota DPR tahun 2001, Halimah mewakili konstituensi Jurong hingga hari ini. Setelah pemilu tahun lalu, Halimah ditunjuk sebagai Menteri Muda Pengembangan Masyarakat, Pemuda, dan Olahraga. Dia juga menghabiskan 34 tahun hidupnya di organisasi buruh dan ikut aktif di komunitas Melayu Singapura.

Halimah tetap mempertahankan kesederhanaannya walaupun terpilih sebagai ketua DPR. Beliau menyampaikan bahwa dia akan tetap tinggal di rumah susun yang sudah dihuninya selama 30 tahun.

Politisi yang merupakan lulusan hukum ini menggantikan Michael Palmer. Palmer mengundurkan diri bulan lalu menyusul skandal perselingkuhannya dengan salah satu staf lembaga People's Association.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.