Kompas.com - 14/01/2013, 14:45 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Pemerintah Filipina mengatakan menjamin seluruh warga masyarakat yang bakal menjadi entitas baru yakni Bangsamoro. "Perlindungan yang sama bagi Bangsamoro,"kata Ketua Negosiasi Damai Miriam Colonel Ferrer di Manila pada Senin (14/1/2012).

Menurut Ferrer, jaminan itu merupakan jawaban atas munculnya kekhawatiran rasa tidak aman terkait dengan keberadaan sah Bangsamoro yang sejatinya adalah juga warga negara Filipina. Selain rasa tidak aman, kekhawatiran yang muncul adalah perkara tanah dan marginasilasi.

Ferrer menambahkan semua pihak, baik pemerintah maupun warga Moro, tetap harus dalam koridor bersama yang termaktub pada kerangka perjanjian Bangsamoro. Entitas baru Bangsamoro ada dalam kerangka itu yang sebelumnya diteken antara pemerintah Filipina dan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) pada Oktober tahun silam, tulis AP.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.