Kompas.com - 14/01/2013, 14:30 WIB
EditorEgidius Patnistik

PARIS, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius, Minggu (13/1), memastikan Aljazair mengizinkan pasukan Perancis menggunakan wilayah udaranya dalam operasi militernya di Mali.

"Aljazair telah mengizinkan akses tanpa batas guna terbang di wilayah udaranya, dan untuk itu saya berterima kasih kepada pemerintah Aljazair," kata menteri luar negeri tersebut. "Kami mengadakan pembicaraan reguler dengan Aljazair," kata menteri itu.

Ia menggarisbawahi kedua pihak mengadakan pembahasan, dan bekerjasama untuk memastikan bahwa "jika tentara Afrika bergerak ke utara, tentara Aljazair harus menutup perbatasannya".

Menteri Pertahanan Perancis, Jean-Yves Le Drian, memastikan pada Minggu pagi bahwa empat jet tempur Rafale Perancis telah mengebom posisi militan di dekat kota kecil Gao di Mali utara pada hari Minggu, dan menghancurkan kamp pelatihan serta depot logistik kelompok bersenjata tersebut.

Menurut para pengamat militer, serangan udara itu menandai titik perubahan operasi militer Perancis di Mali. Sebelum serangan udara pada hari Minggu itu, tentara Perancis telah secara khusus bertindak di Mali tengah guna "menghentikan" pasukan militan Islam itu bergerak maju ke selatan negara tersebut.

Ketika berbicara kepada radio RTL, Fabius mengatakan operasi militer Perancis telah mencapai sasaran, yaitu menghentikan gerak maju pasukan militan ke arah Mali selatan.

Aljazair punya perbatasan sepanjang 2.000 kilometer dengan Mali. Negara Afrika utara itu telah menyerukan penyelesaian diplomatik bagi krisis Mali sebab negara tersebut khawatir intervensi militer dapat memaksa kaum militan memasuki bagian selatan Aljazair, dan arus pengungsi dari Mali utara akan membanjiri Aljazair.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.