Kompas.com - 14/01/2013, 13:30 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Warga pemeluk Hindu di India beramai-ramai mandi di Sungai Gangga hari ini merayakan hari Kumbh Mela. Mereka percaya, dengan mandi di sungai tersebut, mereka mendapat pembersihan dari dosa.

Menurut warta AP pada Senin (14/1/2013), hari ini adalah hari yang dianggap bertuah. Kumbh Mela yang dimulai pada hari ini bakal berlangsung selama 55 hari ke depan. Di India peringatan itu menjadi pertemuan religius. Kegiatan ini pun menjadi salah satu pertemuan religius terbesar di dunia.

Menurut pengurus perhelatan akbar ini, Mani Prasad Mishra, sampai kini sudah 3 juta warga yang mandi di Sungai Gangga. "Nanti sekitar 11 juta orang akan mandi di Gangga,"katanya.

Warga Hindu di India, selain percaya akan penghapusan dosa lewat ritus mandi tersebut, juga percaya kalau mandi di Sungai Gangga mereka bisa terbebas dari siklus mati dan reinkarnasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.