Kompas.com - 13/01/2013, 10:27 WIB
EditorEgidius Patnistik

Kelompok Partai Demokrat di Kongres AS mendesak Presiden Obama agar bertindak secara sepihak jika kubu Partai Republik bersikeras menghambat penambahan utang pemerintah.

Pimpinan teras partai Demokrat Amerika di Senat mendesak Presiden Barack Obama agar mempertimbangkan langkah-langkah yang bisa menghindari kebutuhan persetujuan Kongres untuk memastikan negara itu tidak gagal membayar utangnya.

Ketua partai Demokrat di Senat Harry Reid dan pimpinan Demokrat lainnya mengatakan dalam sepucuk surat kepada presiden bahwa Obama harus menggunakan “setiap langkah hukum” sesuai wewenangnya untuk memastikan bahwa AS tidak mengingkari kewajibannya dan memicu krisis ekonomi global.

Mereka mendesak presiden agar bertindak secara sepihak jika kubu Partai Republik bersikeras mengenai penambahan utang secara terbatas yang disertai dengan pengurangan belanja yang tidak masuk akal.

Sebagian analis dan Demokrat menyatakan amandemen ke-14 Konstitusi AS memberi presiden wewenang untuk meningkatkan pagu utang 16,4 triliun dolar AS tanpa meminta persetujuan Kongres. Amandemen itu menyatakan keabsahan utang pemerintah tidak boleh dipermasalahkan.

Pemerintahan Obama pada masa lalu menyatakan tidak akan mengambil tindakan seperti itu.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X