Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Batalkan Ide Koin Platinum

Kompas.com - 13/01/2013, 10:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemerintahan Presiden AS Barack Obama membatalkan ide mencetak koin platinum bernilai 1 triliun dollar AS. Awalnya, tulis AP pada Sabtu (12/1/2013), rencana itu untuk mendongkrak pendapatan negara. Rencana itu juga dipakai untuk menghindarkan AS dari plafon utang. Andai koin platinum itu jadi terwujud, Pemerintah AS tak perlu berutang bulan depan.

Ide koin platinum berangkat dari usulan pemenang Nobel Bidang Ekonomi Paul Krugman. Menurut hematnya, koin itu nanti disimpan sebagai jaminan Pemerintah AS.

Sampai dengan 31 Desember 2012, limit utang Pemerintah AS sudah mencapai 16,4 triliun dollar AS. Angka itu terbilang amat besar. Problem yang muncul kemudian adalah bagaimana Pemerintah AS membayar utang tersebut di tengah-tengah belum pulihnya perekonomian negara.

Kubu Demokrat dan Republik memang belum mampu menghindarkan AS dari penerapan jurang fiskal alias kombinasi kenaikan pajak dengan pemotongan belanja pemerintah. Ke depan, soal batas utang pemerintah akan menjadi topik argumentasi kedua kubu.

Platinum menjadi bahan mata uang termahal di dunia. Andai mewujudkan koin platinum itu, Pemerintah AS mesti merogoh kocek lebih dalam untuk biaya pembuatan. Belum lagi, jumlah platinum yang mesti tersedia untuk pencetakan koin tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com