Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah RI Kirim Bantuan 2.000 Ton Beras ke Filipina

Kompas.com - 12/01/2013, 12:04 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 ton beras dan 2.500 unit tenda serta 2.500 lembar selimut dikirimkan Pemerintah Indonesia untuk warga Filipina, Jumat (11/1/2013) kemarin.

Bantuan yang diangkut dengan menggunakan KRI Makassar dari Pelabuhan Nusantara Bitung ini dikirim bagi warga Mindanao Filipina yang dihantam badai tropis Bhopa beberapa waktu lalu.

"Bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Tahap pertama sudah diserahkan secara langsung oleh Menkokesra bersama Panglima TNI dan Gubernur Sulut beberapa waktu lalu," ujar Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Budi Adiputro.

Selain Budi, nampak pula dalam pelepasan pengiriman bantuan tersebut Gubernur Sulut, Danlantamal VIII, Kapolda Sulut, Danlanudsri, Walikota Bitung serta beberapa pejabat lainnya.

Menurut Budi bantuan yang diberikan ini merupakan wujud solidaritas internasional yang ditunjukkan pemerintah Indonesia bagi negara Filipina. Sementara itu Gubernur Sulut, SH Sarundajang mengatakan bantuan ini terwujud berkat sinergitas antara TNI, PMI, BNPB dan semua pihak yang telah menunjukkan komitmen kemanusiaannya.

"Beras yang dikirim merupakan beras kualitas terbaik yang dikumpulkan yang dikumpulkan oleh Perum Dolog dari petani yang ada di Sulawesi Utara." kata Sarundajang ketika memberikan kata sambutan dalam melepas KRI Makassar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com