Kompas.com - 12/01/2013, 12:04 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MANADO, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 ton beras dan 2.500 unit tenda serta 2.500 lembar selimut dikirimkan Pemerintah Indonesia untuk warga Filipina, Jumat (11/1/2013) kemarin.

Bantuan yang diangkut dengan menggunakan KRI Makassar dari Pelabuhan Nusantara Bitung ini dikirim bagi warga Mindanao Filipina yang dihantam badai tropis Bhopa beberapa waktu lalu.

"Bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Tahap pertama sudah diserahkan secara langsung oleh Menkokesra bersama Panglima TNI dan Gubernur Sulut beberapa waktu lalu," ujar Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Budi Adiputro.

Selain Budi, nampak pula dalam pelepasan pengiriman bantuan tersebut Gubernur Sulut, Danlantamal VIII, Kapolda Sulut, Danlanudsri, Walikota Bitung serta beberapa pejabat lainnya.

Menurut Budi bantuan yang diberikan ini merupakan wujud solidaritas internasional yang ditunjukkan pemerintah Indonesia bagi negara Filipina. Sementara itu Gubernur Sulut, SH Sarundajang mengatakan bantuan ini terwujud berkat sinergitas antara TNI, PMI, BNPB dan semua pihak yang telah menunjukkan komitmen kemanusiaannya.

"Beras yang dikirim merupakan beras kualitas terbaik yang dikumpulkan yang dikumpulkan oleh Perum Dolog dari petani yang ada di Sulawesi Utara." kata Sarundajang ketika memberikan kata sambutan dalam melepas KRI Makassar. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X