Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DK PBB: Kirim Pasukan Internasional ke Mali

Kompas.com - 11/01/2013, 21:04 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB, Jumat (11/1/2013), menyerukan agar pasukan internasional segera dikirim ke Mali untuk membantu militer Mali merebut kembali wilayah utara negei itu yang saat ini dikuasai kelompok militan Islam.

Pertempuran terbaru di Mali memicu kekhawatiran Barat bahwa kelompok militan yang terkait Al-Qaeda yang saat ini menguasai wilayah sebesar Perancis akan merebut lebih banyak wilayah lagi. Pada ujungnya akan mengubah Mali menjadi semacam Afganistan saat dikuasai Taliban.

Para diplomat di PBB mengatakan presiden interim Mali Dioncounda Traore sudah meminta bantuan Perancis dan Sejken PBB Ban Ki-moon.

"Pada dasarnya beliau mengatakan:"Perancis, tolong," kata Dubes AS untuk PBB Susan Rice, menggambarkan isi surat Traore.

Sementara itu di ibu kota Mali, Bamako, seorang pejabat pemerintah Mali mengatakan bahwa militer Perancis dan sejumlah negara Eropa membantu pemerintah Mali untuk melakukan serangan balik terhadap militan Islam yang diluncurkan, Jumat (11/1).

"Militer Eropa, termasuk Perancis, sudah berada di Mali untuk memukul mundur upaya militan yang hendak maju ke selatan," ujar pejabat yang tak ingin disebutkan namanya itu.

"Kami tak akan menyebut jumlah personil atau lokasi basis mereka, atau perlengkapan yang mereka gunakan," tambah pejabat itu.

"Yang penting mereka sudah di sini. Kami berterima kasih kepada negara-negara ini yang memahami bahwa kami sedang berperang melawan teroris," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com