Kompas.com - 11/01/2013, 19:03 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - Sedikitnya 36 orang tewas, tujuh di antara merupakan satu keluarga, setelah tanah longsor menghantam desa Gaopo, Provinsi Yunnan, China, Jumat (11/1/2013). Demikian dikabarkan media  pemerintah China.

Selain korban tewas, belasan orang lainnya diyakini masih tertimbun longsor yang menghancurkan 16 rumah warga itu. Pemerintah Provinsi Yunnan, seperti dilansir situs resminya, sudah mengirim tim penyelamat ke desa itu.

Sejumlah foto yang diunggah di situs resmi pemerintah itu memperlihatkan tim penyelamat berpakaian oranye menggali tanah berlumpur mencari korban sementara di belakang mereka terlihat sebuah bukit bersalju.

Sebuah video yang diunggah ke situs jejaring sosial China menunjukkan sekelompok warga desa mencoba menggali timbunan tanah berlumpur dan reruntuhan bangunan untuk mencari korban, yang kemudian dibawa pergi menggunakan tandu.

Salju tampak jelas terlihat di berbagai foto yang diunggah ke situs itu. Kawasan ini memang selama beberapa hari terakhir mengalami suhu yang sangat dingin. Pemerintah Yunnan mengatakan kawasan itu mengalami suhu terdingin selama 28 tahun terakhir.

Provinsi Yunnan yang berbatasan dengan Myanmar, Thailand, Laos dan Vietnam merupakan daerah yang relatif miskin dan belum berkembang. Di pedesaan Yunnan, banyak rumah dibangun seadanya karena keterbatasan biaya.

Provinsi yang bergunung-gunung ini dikenal sebagai daerah penghasil tembakau dan teh Pu'er yang terkenal. Namun, kawasan pegunungan Yunnan sangat rentan tanah longsor dan gempa bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua gempa bumi pada September 2012 berkekuatan 5,7 skala Richter, menewaskan 81 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Tanah longsor juga pernah terjadi di Zhenxiong, Provinsi Yunnan pada Oktober 2012. Bencana itu menewaskan 18 anak-anak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.