Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Komunal di Kenya Tewaskan 10 Orang

Kompas.com - 10/01/2013, 20:01 WIB
Pascal S. Bin Saju

Penulis

NAIROBI, KOMPAS.com - Sedikitnya 10 orang, lima di antaranya anak-anak, tewas dalam serangan balasan di wilayah bergejolak delta Sungai Tana, Kenya, hari Kamis (10/1/2013). Ini insiden terbaru menjelang pemilu yang segera digelar dalam dua bulan ke depan.

Beberapa petugas Palang Merah setempat mengatakan para korban berasal dari kampung yang dihuni suku Pokomo di daerah Kibusu. Mereka diserang oleh sekelompok orang bersenjata senjata senapan dan parang.

"Ada 10 orang tewas, dan dua lainnya terluka parah karena tembakan, sabetan parang dan luka bakar," kata petugas lokal Palang Merah Kenya, Cakeb Kilunde.

Serangan itu merupakan balasan atas serangan fajar pada hari Rabu oleh anggota suku Pokomo di dekat kampung Nduru, yang dihuni warga suku Orma. Akibat serangan itu, 9 orang tewas.

Kekerasan antara dua komunitas pertama meletus pada bulan Agustus. Saat itu sekelompok masyarakat petani Pokomo menyerang tetangga mereka dari suku pengembara Orma. Dalam aksi saling serang itu, lebih dari 150 orang tewas.

Berulangnya konflik komunal itu menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan menjelang pemilu dijadwalkan pada 4 Maret. Polisi tengah melakukan penyelidikan tentang kemungkinan adanya provokasi yang dilakukan oleh politisi lokal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com