Kompas.com - 10/01/2013, 20:01 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

NAIROBI, KOMPAS.com - Sedikitnya 10 orang, lima di antaranya anak-anak, tewas dalam serangan balasan di wilayah bergejolak delta Sungai Tana, Kenya, hari Kamis (10/1/2013). Ini insiden terbaru menjelang pemilu yang segera digelar dalam dua bulan ke depan.

Beberapa petugas Palang Merah setempat mengatakan para korban berasal dari kampung yang dihuni suku Pokomo di daerah Kibusu. Mereka diserang oleh sekelompok orang bersenjata senjata senapan dan parang.

"Ada 10 orang tewas, dan dua lainnya terluka parah karena tembakan, sabetan parang dan luka bakar," kata petugas lokal Palang Merah Kenya, Cakeb Kilunde.

Serangan itu merupakan balasan atas serangan fajar pada hari Rabu oleh anggota suku Pokomo di dekat kampung Nduru, yang dihuni warga suku Orma. Akibat serangan itu, 9 orang tewas.

Kekerasan antara dua komunitas pertama meletus pada bulan Agustus. Saat itu sekelompok masyarakat petani Pokomo menyerang tetangga mereka dari suku pengembara Orma. Dalam aksi saling serang itu, lebih dari 150 orang tewas.

Berulangnya konflik komunal itu menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan menjelang pemilu dijadwalkan pada 4 Maret. Polisi tengah melakukan penyelidikan tentang kemungkinan adanya provokasi yang dilakukan oleh politisi lokal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.