Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Petugas, Lansia Turun Tangan Evakuasi Pohon Tumbang

Kompas.com - 10/01/2013, 18:41 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pohon berukuran besar yang tumbang di Jalan MT Haryono, depan MTH Square arah UKI, Jatinegara, Jakarta Timur, telah dievakuasi. Namun, proses evakuasi tidak dilakukan oleh petugas berwenang, tetapi warga lanjut usia

Sugeng (70), warga RT 06 RW 10 Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, yang dekat dengan lokasi kejadian mengatakan, evakuasi yang dilakukannya semata-mata untuk kelancaran arus lalu lintas kendaraan bermotor. Ia pun rela harus memotong dahan pohon itu.

"Saya kasihan sama mobil dan motor yang mau lewat. Kalau cepat dipotongin, kan, cepat lancar lagi jalanannya," ujarnya kepada Kompas.com di lokasi tumbangnya pohon, Kamis (10/1/2013).

Sugeng menuturkan, saat kejadian tumbangnya pohon, ia langsung memanggil pemuda-pemuda di kampungnya untuk mengevakuasi batang pohon yang melintang. Inisiatif Sugeng pun membuahkan hasil.

Bersama belasan pemuda kampungnya, mereka memotong dahan pohon satu per satu agar kendaraan dapat melintas. "Justru karena belum ada petugas saya manggil anak-anak buat bantuin nyingkirin pohon," lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan seorang ibu atas nama Amah (60), warga RT 06 RW 07, Cipinang Cempedak, Jatinegara. Nenek tiga cucu tersebut mengaku datang ke lokasi tumbangnya pohon agar dapat dilalui kembali oleh kendaraan. "Saya juga, kan, petugas kebersihan. Cuma kerjanya sudah tadi pagi. Sekarang cuma bantu-bantu saja," ujarnya.

Dua lansia tersebut tampak bekerja bersama dengan belasan pemuda lainnya. Sugeng tampak memotong dahan yang paling besar dengan kapaknya, sementara Amah memunguti ranting-ranting pohon yang berserakan di aspal jalan.

Adapun para pemuda memotong batang pohon di sisi lainnya juga dengan menggunakan kapak. Meski kejadian pohon tumbang telah berlalu lebih dari 30 menit, tidak tampak petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman berada di lokasi.

Hanya tampak beberapa petugas Dinas Perhubungan, tetapi mereka lebih banyak melakukan koordinasi melalui handy talkie-nya. Sangat kontras dengan kerja keras warga yang tengah mengevakuasi pohon besar tersebut.

Pohon jenis mahoni tersebut tumbang sekitar pukul 15.15 WIB sehingga menutup Jalan MT Haryono yang mengarah ke UKI. Pohon tersebut jatuh menimpa sebuah bus karyawan, sebuah sedan, dan satu unit motor. Namun, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com