Kompas.com - 09/01/2013, 18:18 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Sampai dengan akhir 2012, Partai Komunis China (PKC) sudah menghukum 160.000 pelanggar disiplin. Sementara itu, pejabat khusus yang menangani pelanggaran disipilin sudah memeriksa 155.000 kasus tahun silam.

Dari jumlah kasus itu, 153.000 di antaranya sudah berhasil dituntaskan. Sementara, Xinhua menulis pada Rabu (9/1/2013), kebanyakan dari pelanggar disiplin itu melakukan perbuatan melanggar hukum yakni memberikan uang tips kepada pejabat publik.

PKC memang tengah gencar-gencarnya memerangi korupsi. Nah, pemberian tips kepada pejabat publik tergolong perbuatan korupsi. Yang lain misalnya suap dalam kasus tanah, kesehatan, pasokan makanan, hingga pembangunan rumah murah bagi warga miskin.

Sementara itu, hukuman bagi pelanggar disiplin pun beragam. Namun, yang paling lazim adalah masuk penjara.

Pihak pemerintah China melalui Komite Sentral Kedisiplinan PKC mengungkapkan kalau uang negara yang berhasil diselamatkan mencapai 7,83 miliar yuan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.