Kompas.com - 09/01/2013, 17:28 WIB
EditorErvan Hardoko

KAIRO, KOMPAS.com - Presiden Mesir Mohamed Morsi mengadakan pertemuan tiga pihak dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan pemimpin Hamas di pengasingan, Khaled Meshaal, tentang penerapan pakta persatuan tahun 2011.

Perundingan ini diadakan di ibu kota Mesir, Kairo, pada Rabu (9/1/2013).

Seorang pejabat Fatah Azzam al-Ahmad mengatakan Presiden Palestina Mahmoud Abbas menghadiri pertemuan di Kairo atas undangan Presiden Morsi.

Adapun pemimpin Hamas Khaled Meshaal beserta delegasinya tiba di Kairo dari Doha Selasa kemarin.

Menurut wartawan BBC Youssef Taha, Presiden Morsi berharap bisa meneruskan keberhasilannya dalam mewujudkan gencatan senjata antara Israel dan Hamas pada November 2012.

Kini presiden Mesir itu, jelas Taha, ingin keberhasilan serupa terwujud dalam bentuk rekonsiliasi antara dua faksi Palestina, Hamas -yang menguasai Jalur Gaza- dan Fatah - yang menguasai Tepi Barat.

Kedua faksi terlibat dalam sengketa sejak sejak Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni 2007, menyusul kemenangannya dalam pemilihan parlemen Palestina satu tahun sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkat mediasi Mesir, kedua faksi mencapai kesepakatan persatuan pada April 2011 tetapi syarat-syarat utama kesepakatan sejauh ini belum diterapkan.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.