Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Naikkan Uang Pensiun Karyawan Perusahaan

Kompas.com - 09/01/2013, 16:46 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah China menaikkan uang pensiun karyawan perusahaan sebesar 10 persen. Kebijakan ini adalah hasil rapat kabinet sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (9/1/2013). "Biaya hidup yang tinggi menjadi alasan kenaikan," kata pihak Kantor Perdana Menteri China.

Sejatinya, kebijakan ini sudah berlangsung pada 1 Januari 2013. Pemerintah China menaikkan uang pensiun kelompok ini selama sembilan tahun berturut-turut.

Seturut catatan terkumpul, perkara pensiun memang belum tuntas terselesaikan di China. Apalagi, jumlah penduduk berusia di atas 60 tahun bakal meroket dari 800 juta saat ini. Pada 2050, jumlah penduduk usia tersebut bakal menyentuh angka 2 miliar.

Tentu saja, kenyataan itu menjadi bagian tanggung jawab pemerintah China. Makanya, pemerintah China sempat mengeluarkan kebijakan agar warganya yang berusia 60 atas ke atas bekerja kembali. Dengan begitu, pemerintah bisa menyusutkan defisit cadangan dana pensiun yang kini mencapai sekitar 2,6 triliun dollar AS.

Kendati begitu, masuk juga usulan agar pemerintah menaikkan dana pensiun bagi seluruh warga. Pasalnya, dengan kenaikan ini, daya beli dalam negeri terdongkrak. Hal ini tentu saja bakal mengurangi ketergantungan China terhadap ekspor.

Sebagai pembanding, 10 tahun ke depan, defisit dana pensiun China bisa menembus angka 10,8 triliun dollar AS. Padahal, devisa China cuma ada di posisi 3 triliun dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com