Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chavez Tak Hadir dalam Pelantikan

Kompas.com - 09/01/2013, 10:13 WIB

Presiden Venezuela Hugo Chavez tidak hadir dalam upacara pengambilan sumpah jabatan untuk masa jabatan baru pada Kamis (10/1) ini, seperti disampaikan pejabat pemerintah.

Chavez masih menjalani perawatan di rumah sakit di Kuba setelah menjalani operasi kanker dan menderita komplikasi yang disebabkan oleh infeksi paru-paru. Sejak menjalani operasi pada bulan lalu, Chavez tak pernah tampil di publik.

Oposisi Venezuela telah meminta Mahkamah Agung untuk mengeluarkan peraturan mengenai apa yang harus dilakukan jika Chavez absen. Pemimpin oposisi Henrique Capriles mengatakan bahwa jika Chavez tak diambil sumpah, berdasarkan konstitusi, Ketua Majelis Nasional harus bertindak sebagai pejabat sementara sampai digelarnya pemilu baru dalam waktu 30 hari.

Pemerintah bersikukuh bahwa upacara pelantikan hanya merupakan formalitas bagi pemimpin petahana. Chavez telah menjadi Presiden Venezuela sejak 1999.

Dukungan

Ketua Majelis Nasional Diosdado Cabello mengatakan, Chavez dapat mengucapkan sumpah jabatan sebelum waktu yang ditentukan Mahkamah Agung, menurut peraturan konstitusi Venezuela. "Dalam rekomendasi mengenai kesehatannya, penyembuhan pascaoperasi akan diperpanjang sampai lebih dari 10 Januari. Untuk itu, dia tidak akan dapat hadir dalam sidang Majelis Nasional," kata dia, membaca surat dari Wakil Presiden Nicolas Maduro.

Sebelumnya, Cabello meminta pendukung Chavez turun ke jalan di Caracas pada Kamis nanti untuk menunjukkan dukungan kepadanya. Dia mengatakan, sejumlah pemimpin asing akan hadir di istana presiden pada hari pelantikan.

Namun, Capriles mendesak agar para pendukung Chavez tidak terlibat dalam permainan partai politik yang dilakukan partai Chavez.

Menurut Menteri Informasi Ernesto Villegas, kondisi Chavez pascaoperasi "stabil" dan dia merespons "perawatan yang diberikan".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com