Kompas.com - 08/01/2013, 22:10 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Tentara Pakistan menewaskan dua prajurit India di dekat perbatasan Kashmir yang disengketakan, Selasa (8/1/2013). Demikian pernyataan resmi Angkatan Darat India.

Baku tembak antara kedua pasukan terjadi sekitar tengah hari waktu setempat, setelah patroli  pasukan India menemukan pasukan Pakistan masuk sejauh 500 meter ke dalam wilayah India.

"Terjadi baku tembak dengan pasukan Pakistan. Kami kehilangan dua prajurit dan salah satunya dalam kondisi yang sangat mengenaskan," kata juru bicara Angkatan Darat India, Rajesh Kalia.

"Para penerobos adalah tentara reguler Pakistan dan mereka berada 400-500 meter di wilayah India," ujar Kalia sambil menambahkan insiden itu terjadi di sektor Mendhar, 173 kilometer sebelah barat kota Jammu, Kashmir.

Sementara itu, di Islamabad juru bicara militer Pakistan membantah tudingan India. Namun, juru bicara itu enggan berbicara lebih rinci.

Sebelumnya, pada Minggu (6/1/2013), pasukan India dan Pakistan juga terlibat baku tembak yang mengakibatkan seorang pasukan Pakistan tewas dan seorang lainnya terluka.

Akibat insiden itu, Pakistan sudah mengirimkan note protes resmi kepada pemerintah India. Menanggapi protes Pakistan, India mengatakan pasukannya hanya membalas tembakan mortir Pakistan yang jatuh ke sebuah desa.

Wilayah Kashmir yang mayoritas penduduknya memeluk Islam, kini terbagi dua menjadi wilayah India dan Pakistan. Kedua negara berusaha menguasai Kashmir sepenuhnya hingga memicu tiga kali perang sejak India merdeka dari jajahan Inggris pada 1947.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.