Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak di Perbatasan Kashmir, 2 Tentara India Tewas

Kompas.com - 08/01/2013, 22:10 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Tentara Pakistan menewaskan dua prajurit India di dekat perbatasan Kashmir yang disengketakan, Selasa (8/1/2013). Demikian pernyataan resmi Angkatan Darat India.

Baku tembak antara kedua pasukan terjadi sekitar tengah hari waktu setempat, setelah patroli  pasukan India menemukan pasukan Pakistan masuk sejauh 500 meter ke dalam wilayah India.

"Terjadi baku tembak dengan pasukan Pakistan. Kami kehilangan dua prajurit dan salah satunya dalam kondisi yang sangat mengenaskan," kata juru bicara Angkatan Darat India, Rajesh Kalia.

"Para penerobos adalah tentara reguler Pakistan dan mereka berada 400-500 meter di wilayah India," ujar Kalia sambil menambahkan insiden itu terjadi di sektor Mendhar, 173 kilometer sebelah barat kota Jammu, Kashmir.

Sementara itu, di Islamabad juru bicara militer Pakistan membantah tudingan India. Namun, juru bicara itu enggan berbicara lebih rinci.

Sebelumnya, pada Minggu (6/1/2013), pasukan India dan Pakistan juga terlibat baku tembak yang mengakibatkan seorang pasukan Pakistan tewas dan seorang lainnya terluka.

Akibat insiden itu, Pakistan sudah mengirimkan note protes resmi kepada pemerintah India. Menanggapi protes Pakistan, India mengatakan pasukannya hanya membalas tembakan mortir Pakistan yang jatuh ke sebuah desa.

Wilayah Kashmir yang mayoritas penduduknya memeluk Islam, kini terbagi dua menjadi wilayah India dan Pakistan. Kedua negara berusaha menguasai Kashmir sepenuhnya hingga memicu tiga kali perang sejak India merdeka dari jajahan Inggris pada 1947.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com