Kompas.com - 08/01/2013, 13:30 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Suriah, Bashar Al Assad merupakan salah satu aktor politik paling brutal di panggung dunia saat ini dan tindakan melawan rakyatnya sendiri menunjukkan bahwa ia tidak lagi rasional, kata seorang pejabat tinggi AS, Senin (7/1).

Saat ditanya apakah ia percaya Bashar seorang yang "jahat", juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Victoria Nuland, mengatakan, walau ia "secara pribadi akan mempertimbangkan apa yang telah dilakukan (Bashar) sebagai jahat" tetapi label yang diberikan pemerintah AS kepada Bashar bukan itu.

"Dia melampaui brutal. Tidak manusiawi apa yang telah dilakukannya terhadap rakyatnya sendiri," katanya kepada wartawan. "Kami sudah pasti mengatakan, kami menilai dia kehilangan legitimasi untuk memimpin, bahwa dia merupakan salah satu aktor paling brutal di panggung dunia saat ini."

Hari Minggu, dalam sebuah pidato pembangkangannya Bashar menyerukan perdamaian di Suriah pada masa pemerintahannya. Dalam pidato pertamanya dalam tujuh bulan terakhir itu, ia menyampaikan visinya untuk membawa negaranya ke luar  dari konflik yang telah berlangsung selama 21 bulan itu.

PBB mengatakan lebih dari 60 ribu orang telah tewas sejak kelompok perlawanan melancarkan protes terhadap kekuasaan Bashar.

"Saya tidak berpikir siapa pun yang ... bersalah karena jenis-jenis kejahatan terhadap rakyatnya sendiri bahwa kesalahannya dapat dianggap masuk akal oleh nilai-nilai kemanusiaan," kata Nuland.

Rencana Bashar untuk mengakhiri kekerasan, dialog dengan unsur-unsur oposisi yang dinilainya layak, sumpahnya untuk tetap teguh melawan orang-orang yang disebutnya "teroris" dan pendukung asing mereka disambut tepuk tangan meriah oleh pendukungnya di Damaskus. Namun rencana itu menawarkan sedikit prospek yang realistis untuk mengakhiri perang saudara, dan Nuland mengatakan hal tak masuk akal itu hanya menunjukkan "seperti yang kita lihat di seluruh dunia, menyewa massa tidak begitu sulit".

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X