Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Mesir Gagalkan Serangan ke Gereja Koptik

Kompas.com - 07/01/2013, 21:06 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Angkatan Darat Mesir, Senin (7/1/2013), menggagalkan upaya serangan terhadap sebuah Gereja Koptik di kota Rafah yang berbatasan dengan Jalur Gaza. Warga pemeluk Kristen Koptik di Mesir memang baru memperingati hari Natal pada Senin ini.

"Unit-unit angkatan darat berhasil menggagalkan serangan terhadap gereja Rafah pada pukul 01.00 (Senin, 06.00 WIB) dan menahan sebuah mobil berisi bahan peledak dan senjata api di dekat gereja," demikian laporan kantor berita Mesir, MENA.

Sementara itu, sebuah mobil lain yang berisi para pria bertopeng melarikan diri ketika tentara berhasil mengamankan mobil berisi bahan peledak itu.

Peringatan Natal umat Kristen Koptik ini adalah yang pertama di bawah pemerintahan Ikhwanul Muslimin dan di tengah kebimbangan akan masa depan kelompok minoritas di Mesir. Kekhawatiran itu tetap muncul meski Presiden Mohammed Morsi menyatakan dirinya adalah presiden untuk seluruh bangsa Mesir.

Pada September lalu, dilaporkan sejumlah keluarga Koptik meninggalkan Rafah karena mendapatkan ancaman pembunuhan dari kelompok Islam garis keras.

Presiden Morsi, yang didukung Ikhwanul Muslimin, mengunjungi Sinai sebulan setelah ancaman itu muncul. Di Sinai, Morsi menegaskan kepada warga Koptik bahwa pemerintah menjamin keamanan dan keselamatan mereka.

Pemeluk Kristen Koptik yang berjumlah 10 persen dari 83 juta rakyat Mesir, berulang kali mengeluhkan adanya diskriminasi dan marjinallisasi dari pemerintah. Selain itu mereka kerap menjadi sasaran kekerasan sektarian.

Salah satu insiden terburuk terjadi pada 1 Januari 2011 saat sebuah gereja Koptik di Aleksandria diserang dan menewaskan 23 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com