Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brennan Gantikan Petraeus Jadi Direktur CIA

Kompas.com - 07/01/2013, 20:44 WIB
Pascal S. Bin Saju

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Senin (7/1/2013), menunjuk penasihat khusus kontraterorisme Gedung Putih, John Brennan sebagai Direktur CIA yang baru. Dia menggantikan David Petraeus, yang terlibat skandal seks.

Informasi itu disampaikan seorang pejabat Gedung Putih di Washington. "Brennan memiliki kepercayaan dan keyakinan penuh dari presiden," kata pejabat itu, yang tidak mau namanya disebut karena tidak berwenang memberikan keterangan.

"Selama empat tahun terakhir, ia telah terlibat dalam hampir semua masalah keamanan utama nasional dan akan dapat mengendalikan dengan baik semua operasi CIA," katanya.

Pejabat itu juga memastikan, bahwa senator AS dari Partai Republik, Chcuk Hagel akan menjadi menteri pertahanan baru menggantikan Leon Panetta.

Para pejabat AS mengatakan, Brennan yang kini berusia 57 tahun dipilih karena "karir pelayanan dan rekam jejaknya yang luar biasa". Dia akan menjadi seorang direktur CIA yang unggul.

"Sejak serangan terorisme 11 November 2001, dia berada di garis depan dalam perang melawan Al Qaeda," kata pejabat tadi.

Brennan mengambil alih posisi direktur agen mata-mata AS itu, sebagai pelaksana tugas, tidak lama setelah pengunduran diri David Petraeus yang tersangkut skandal seks. Dia akan dilantik bersama pejabat lain di Washington, Senin, waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com