Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Tunjuk Chuck Hagel Pimpin Pentagon?

Kompas.com - 07/01/2013, 16:32 WIB
Pascal S. Bin Saju

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama menijagokan bekas Senator Nebraska dari Partai Republik, Chuck Hagel untuk memimpin Pentagon. Hagel kemungkinan akan dilantik pada hari Senin (6/1/2013) waktu setempat.

 

Hagel (66) adalah seorang Republikan yang moderat, dan veteran perang Vietnam yang pernah mendapat penghargaan dari pemerintah AS. Dia juga salah satu tokoh yang mendesak pemerintah agar segera menarik pasukan AS dari perang Afganistan.

 

Obama hendak menjagokannya sebagai menteri pertahanan, karena Hagel memiliki hubungan pribadi dengan Obama. Hubungan itu terjalin sejak mereka bersam-sama duduk di kursi senat, dan sering bepergian bersama ke luar negeri.

 

Hagel telah berminggu-minggu menjadi gugus depan dalam pekerjaan di Pentagon, emat tahun setelah meninggalkan karirnya di Senat. Selama sebagai senator, dia mengurkir reputasi sebagai seorang pemikir independen.

 

Jabatan baru Hagel akan diumumkan pada hari Senin. "Saya pikir, secara umum Obama telah bekerja dengan baik. Namun ada banyak hal yang saya tidak setuju dengan dia; dia tahu itu," kata Hagel dalam situs kebijakan luar negeri Al-Monitor pada Maret tahun lalu.

 

Obama telah memutuskan bahwa Hagel menggantikan Leon Panetta di Pentagon. Pada Senin ini Obama juga diperkirakan mengumumkan bahwa dia telah memilih sosok yang akan menggantikan David Petraeus untuk memimpin CIA.

 

Menurut CNN, direktur sementara CIA, Michael Morell dan penasihat antiterorisme John Brennan, merupakan dua calon kuat untuk menjabat Direktur CIA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com