Kompas.com - 07/01/2013, 16:28 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat terbang tanpa awak atau drone milik AS yang diyakini digunakan untuk tujuan pengintaian ditemukan di perairan Filipina Tengah, Senin (7/1/2013).

Kepala Kepolisian Setempat Senior Superintenden Heriberto Olitoquit mengatakan drone sepanjang 3,65 meter itu ditemukan nelayan di perairan Pulau Masbate dan kemudian ditarik ke daratan.

"Para nelayan pada awalnya menyangka benda itu adalah bom dan memanggil polisi," kata Olitoquit.

"Setelah diteliti dipastikan bahwa benda itu adalah sebuah Kendaraan Angkasa Tanpa Awak (UAV)," tambah dia.

Olitoquit melanjutkan drone itu sudah diserahkan kepada pihak AL Filipina untuk melakukan penyelidikan lebih dalam lagi.

"Nampaknya drone itu sudah mengapung beberapa lama," kata Wakil Komandan AL setempat, Kapten Rommel Galang.

"Kami akan mempelajari dulu drone ini namun nampaknya UAV ini adalah yang biasa digunakan untuk keperluan pengintaian," tambah dia.

"UAV ini memiliki inkripsi dan nomor seri yang mengindikasikan bahwa benda itu adalah milik AS," ujar Galang.

Galang menambahkan Kedutaan besar AS sudah diberitahu soal temuan ini dan pemerintan sudah menyerahkan benda itu kepada kedutaan besar AS.

Dalam sebuah wawancara dengan AFP tahun lalu, Presiden Benigno Aquino mengatakan Filipina mengizinkan AS untuk menerbangkan drone di atas wilayah udara Filipina untuk keperluan pengintaian. Namun, Filipina tidak mengizinkan drone AS melakukan serangan di wilayahnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.