Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelak, China dan Korut Cuma Sepanjang Jembatan

Kompas.com - 07/01/2013, 16:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com Tahun depan, China dan Korea Utara (Korut) bakal terhubung dengan sebentang jembatan sepanjang 3,026 kilometer. Menurut warta Xinhua pada Senin (7/1/2013), proyek itu bakal menelan biaya hingga 2,22 miliar yuan atau setara dengan 356 juta dollar AS. "Jembatan itu akan terbentang di atas Sungai Yalu," kata Direktur Departemen Transportasi Provinsi Liaoning Zhang Tiemin.

Sejatinya, imbuh Tiemin, pengerjaan jembatan itu sudah dimulai sejak Februari 2010. Kedua negara bahu-membahu membangun jembatan tersebut. Kelak, jembatan itu akan memiliki empat lajur dengan masing-masing dua lajur untuk arah bolak-balik.

Jembatan itu, kata peneliti dari Akademi Ilmu-ilmu Sosial Liaoning Lyu Chao, bakal mendongkrak kerja sama komunikasi dan ekonomi China dan Korut. Nantinya, jembatan itu akan menjadi satu-satunya jembatan penghubung di antara kedua negara.

Konstruksi jembatan ini awalnya dibangun Jepang pada April 1937 sampai Mei 1943. Kaki jembatan di wilayah China ada di Kota Dandong, sementara di Korut di Sinuiju. Pada masa penjajahan Jepang atas Korea dan Manchuria, jembatan ini menjadi satu dari berbagai cara untuk masuk atau keluar ke Korut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com