Kompas.com - 07/01/2013, 10:33 WIB
EditorEgidius Patnistik

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia akan mulai membangun sejumlah stasiun radar baru kelas Voronezh di tiga wilayah tahun ini, kata juru bicara Pasukan Ruang Angkasa Rusia, Kolonel Alexei Zolotukhin, Minggu (6/1).

"Pembangunan sejumlah stasiun radar baru dari kelas Voronezh itu akan dimulai di  Wilayah Krasnoyarsk (Siberia timur) dan Republik Altai, Siberia selatan serta di wilayah Orenburg, Rusia tengah, kata Zolotukhin.

Empat generasi baru stasiun radar Voronezh menggunakan teknologi pabrik kesiapan tinggi yang sudah menjadi bagian dari sistem peringatan dini serangan peluru kendali, katanya.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Jenderal Oleg Ostapenko bulan lalu mengatakan, studi kelayakan dilakukan untuk pembangunan yang direncanakan, yang akan dimulai sesuai  jadwal. Kementerian Luar Negeri Rusia menegaskan sebelumnya bahwa tentara Rusia tidak akan lagi menyewa stasiun radar Gabala di Azerbaijan.   

Sewa, yang ditandatangani tahun 2002, berlaku sampai 24 Desember 2012. Rusia menggantikan stasiun radar Gabala, yang telah memainkan peran penting dalam sistem pertahanan rudal, dengan sistem baru yang berbasis di Armavir di Krasnodar, Wilayah Rusia selatan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.