Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Siap Hadang Argentina di Falkland

Kompas.com - 06/01/2013, 20:22 WIB
Pascal S. Bin Saju

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris David Cameron, Minggu (6/1) di London, mengatakan, jika perlu Inggris siap menghadang secara militer demi menjaga gugus Kepulauan Falkland dari ancaman Argentina.

 

Cameron mengatakan, Inggris memiliki "pertahanan yang kuat" di sejumlah tempat di pulau-pulau di kawasan Falkland. Inggris memiliki jet cepat dan tentara yang kuat yang disiagakan di sana.

 

Komentar Cameron itu menanggapi Presiden Argentina, Cristina Kirchner, yang pekan ini mengatakan, negaranya siap melucuti Inggris dari gugus kepulauan Falkland. Sebab, katanya, di sana telah diadakan latihan militer terbuka oleh negara penjajah abad ke-19.

 

Cameron bersikeras dia telah menegaskan dengan "sangat jelas" bahwa Inggris akan membela Falkland dengan kekuatan militer. Ditanya apakah Inggris akan berjuang untuk menjaga pulau-pulau, dia menjawab, "Tentu saja kami akan melakukannya. Kami memiliki pertahanan yang kuat di Falkland."

 

Dalam sebuah wawancara di TV BBC, ia berkata, "Saya mendapatkan laporan berkala menyangkut seluruh persoalan karena saya ingin tahu bahwa pertahanan kita kuat, tekad kami sangat kuat".

 

Menurut Cameron, 3.000 jiwa penduduk Falkland memiliki keinginan yang kuat untuk tetap bergabung dengan Inggris. Mereka juga siap mengekspresikan pandangan mereka, dalam sebuah referendum mengenai status politiknya pada bulan Maret.

 

Argentina menginvasi Falkland pada tahun 1982. Mendorong PM Inggris Margaret Thatcher saat itu, mengirim gugus tugas AL untuk merebut kembali pulau-pulau di Falkland dalam perang yang menewaskan 255 tentara Inggris dan 649 tentara Argentina. (AFP/CAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com