Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duta Besar Dicopot karena Skandal Pesta

Kompas.com - 06/01/2013, 11:23 WIB

TEGUCIGALPA, KOMPAS.com - Honduras mencopot duta besarnya untuk Kolombia di tengah munculnya sejumlah laporan tentang asisten pribadinya yang terlibat sebuah pesta yang melampaui batas kesantunan (wild party) yang diselanggaran di kedutaan besar Honduras di Bogota.

Menurut laporan media, pesta itu dihadiri sejumlah pekerja seks. Pesta itu juga berbuntut hilangnya sejumlah telepon seluler dan komputer.

Kementerian Luar Negeri Honduras menuntut pertanggungjawaban duta besarnya, Carlos Rodriguez. Kementerian itu dalam sebuah pernyataan telah mengatakan, Rodriguz mundur dari jabatannya hari Sabtu (5/1), setelah pemerintah meminta dia mengundurkan diri.

Asisten pribadi Rodriguez keluar bersama teman-temannya dari kedutaan pada 20 Desember. Mereka lalu membawa beberapa pekerja seks dari sebuah kawasan pelacuran di Bogota ke kedutaan. Di sana mereka mengonsumsi alkohol dan merusak sejumlah fasilitas kedutaan, lapor harian El Heraldo.

Tidak jelas apakah Rodriguez hadir dalam pesta tersebut. Namun Kementerian Luar Negeri Honduras mengatakan, penyelidikan kini tengah berlangsung.

Tahun lalu, belasan anggota pasukan pengamanan (Secret Service) presiden AS dituduh melakukan pelanggaran karena membawa sejumlah perempuan, beberapa dari mereka merupakan pekerja seks, ke kamar hotel mereka menjelang kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Kolombia. Peristiwa itu menjadi skandal terbesar yang menimpa lembaga tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com